Cara Membuat CD Image Game


Caranya :
Pertama, masukkan CD games yang akan kita buat image ke CD / DVD rom. Syukur-syukur kalo CD/DVD kita masih bisa ngebaca CD gamesnya. Kalo CD/DVD udah ga bisa ngebaca lg, pinjem dulu PC/Laptop temen, bisa buat dari sana (Kalo ga’ malu,,he,,he,,). Pas udah selesai, bisa dipindahin lewat flashdisk ke PC kita.
Kedua, tau aplikasi NERO kan?, Kebangetan dah kalo sampe ga’ tau. Buka aplikasi NERO. Kebetulan Nero yang Aku pakai versi jadul, Nero 7.


Klik Nero Start Smart. Setelah kebuka Nero-nya, sorot mouse ke tab applications, klik “Nero Burning ROM”.
Akan terbuka jendela New Compilation seperti dibawah, cancel dulu untuk memilih Drive, karena tujuan kita bukan untuk membakar CD/DVD, jadi pilih “Image Recorder”.

Setelah dipilih “Image Recorder”, pada jendela yang sama pilih “New”, dan akan terbuka kembali jendela New Compilation. Arahkan mouse pada scroll bar sampai kebawah. Pilih CD-ROM (UDF/ISO) dan klik “NEW” seperti gambar dibawah.
Akan tampil jendela seperti dibawah ini. Drag/seret semua file dan folder CD games yang ada pada drive CD/DVD Rom ke jendela paling kiri (UDFFILEISO1). Atau klik CD/DVD Rom-nya, pada jendela yang paling kiri, klik kanan “Select All Ctrl+A”, kemudian klik kanan lagi “Copy to Compilation Ctrl+1″.
Semua file dan folder akan disalin ke file Compilation pada jendela paling kiri. Seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya klik ” Burn”,
Klik “Burn” lagi,
Tentukan dimana akan menyimpan file ISO / image CD games ini, secara default nama filenya adalah image. Bisa kita ganti sesuai yang kita inginkan. Misal nama file tersebut “Street Fighter”. Kemudian save.
Proses pembuatan Image CD game akan berjalan, tungguin. Biar ga’ bosen sambil ngerokok minum kopi (bagi yang ngerokok + ngopi) bagi yang ngga’ manyun aja, plototin tuch layar monitor.
Setelah diproses, image yang kita buat tadi akan berakhiran/berekstensi ISO. Misal nama file tersebut “Street Fighter” akan menjadi “Street Fighter.iso”. Selesai dach.
Truz gimana caranya maenin Gamesnya?
Harus buat Virtual CD/DVD. Terserah pake apa aja. kalo disini pake software gratisan ‘DAEMON Tools Lite’. Download dan Install software ini. Dari sini kita bisa masukkin file CD images yang baru kita buat tadi.
Apaan tuch Virtual CD/DVD?
Adalah suatu cara untuk menambah Drive CD/DVD ROM. Tetapi bukan hardware, melainkan melalui suatu aplikasi atau software.
Setelah ‘DAEMON Tools Lite’ ini terinstall di PC, pada bar windows, klik kanan, klik “mount image” cari dan pilih dimana kita meletakkan file images games yang kita buat tadi.
Selanjutnya, tinggal setting pada emulator PS-nya dimana meletakkan sumber drive CD/DVD ROM yang yang akan dimainkan.
sumber : di sini