Cara Membuat Rumus Excel Expired dengan Tanggal Komputer

Ketika kita membuat sebuah aplikasi menggunakan Excel dengan menggunakan formula atau rumus-rumus tertentu, selanjutnya aplikasi tersebut ingin kita tujukan penggunaannya kepada orang lain. Namun, dibalik penggunaan tersebut kita ingin membatasi masa penggunaan aplikasi, maka tentunya kita harus membuat batasan-batasan agar ketika aplikasi tersebut berjalan melewati batasan tertentu dari penanggalan yang ada di komputer, secara otomatis tampilan dari formula atau rumus-rumus tersebut berubah. Anda bisa melihat sampel-sampel aplikasi yang saya buat, sampel Aplikasi Akuntansi Excel dan General Ledger Excel Download sampelnya di sini. Kedua sampel aplikasi tersebut, saya bikin
batasan penggunaannya hingga masa tertentu dengan teknik perumusan yang akan saya uraikan di bawah.
Nah marilah kita mulai. Bukalah lembar baru excel, misalkan dalam aplikasi kita membuat rumus berikut :
Tips Excel Expired1
Contoh rumus tersebut cukup sederhana hanya sebagai pendekatan saja, tentunya dalam sebuah aplikasi biasanya menggunakan rumus-rumus yang panjang.
Nah bagaimana seandainya rumus tersebut kita bikin expired sehingga tampilan rumus tersebut berubah, dari tampilan 1.275.000 berubah misalkan menjadi tampilan ### atau apalah sesuka kita membuat tampilan perubahan tersebut. Kemudian misalkan kita ingin membuat Expired tampilan rumus tersebut berubah setelah tanggal 31 Desember 2015. Nah ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Double klik penanggalan komputer pojok kanan bawah monitor sehingga akan ditampilan jendela penanggalan Date and Time Properties.

    Tips Excel Expired2

    Tips Excel Expired3
  2. kita ingin membuat Expired tampilan rumus berubah pada tanggal 31 Desember 2015, maka untuk sementara kita rubah penanggalan menjadi 31 Desember 2015.

    Tips Excel Expired4
  3. Kembali ke lebar kerja excel, klik di sembarang sel yang kosong. Ketikan rumus penanggalan =NOW, maka akan nampak tampilan hasil dari rumus berupa tanggal 31/12/2015 atau jika format di komputer (English) 12/31/2015.

    Tips Excel Expired5
  4. Copy sel rumus penanggalan tersebut, lalu letakkan hasil copy di sembarang sel dengan menggunakan perintah Paste > Special > Value, maka akan ditunjukan hasil value (nilai) dari tanggal 31/12/2015 tersebut.

    Tips Excel Expired6
  5. Value (nilai) 42369,2487760416 tersebut di atas akan kita gunakan sebagai konstanta pembatas dalam rumus dikaitkan dengan penanggalan komputer. Kembali ke lembar kerja excel pertama, ubahlah rumus pertama di atas menjadi rumus logika IF sehingga menjadi rumus berikut :

    =IF(NOW()>42369,2487760416;”###”;SUM(C3:C8))

    Maksudnya jika tanggal sekarang Now() lebih besar daripada nilai 42369,2487760416, maka ditampilkan ###, jika tidak (maksudnya lebih kecil) maka ditampilkan hasil perhitungan SUM(C3:C8).

    Tips Excel Expired7

    Hasil di atas menunjukkan bahwa rumus berjalan setelah tanggal 31/12/2015 sehingga menampilkan ###. Selanjutnya silahkan Anda kembalikan lagi penanggalan di komputer sebelum tanggal tersebut, maka nilai rumus akan menampilkan perhitungan semula. Setelah mengembalikan atau merubah-rubah penganggalan di komputer, untuk melihat hasilnya di excel, tekan tombol F8 (berfungsi sebagai refresh di excel).

    Nah selamat mencoba, silahkan Anda terapkan untuk rumus-rumus aplikasi buatan Anda. Untuk menjaga keamanan rumus di sel tersebut, maka alangkah bagusnya kita sembunyikan tampilan rumusnya. Untuk menyembunyikan tampilan rumus diperlukan protect hidden sel, yang akan dibahas setelah ini.
sumber


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20.33.00

0 komentar:

Poskan Komentar

MERAUP DOLLAR

Download

KATEGORI

ANDROID (6) Cara untuk ngeBLOG (28) DOWNLOAD (10) EDUKASI (19) Email (2) FACEBOOK (10) FLASH (8) FOTO (3) GAME (3) INTERNET (13) NGEBLOG (5) OFFICE (18) OPERATOR (3) PHOTOSHOP (6) PRINTER (1) SEO (1) SOFTWARE (7) VIRUS (3) WINDOWS (7) YOUTUBE (5)