Gambar disamping merupakan topologi jaringan yang banyak digunakan oleh warnet-warnet yang menghubungkan jaringan LAN dengan internet. Dalam topologi jaringan ini semua komputer client bebas menggunakan akses up dan download data melalui modem tanpa adanya batasan. Provider penyedia jasa layanan internet sebagai contoh speedy telkom tentu memberikan batasan data yang bisa kita upload maupun download perdetik sesuai dengan paket internet yang kita gunakan.

Dengan adanya batasan data maksimum perdetik sesuai paket internet yang kita gunakan akan menyebabkan terjadinya delay permintaan upload maupun download bila request data dari komputer client melebihi batas quota yang telah ditentukan sehingga menyebabkan akses internet kita mengalami penundaan atau yang sering kita sebut dengan “lag”.
Berdasarkan pengalaman penulis dengan menggunakan paket speedy warnet 1 mb koneksi internet akan berjalan normal untuk 9 computer client ( penggunaan browsing ) dan akan melambat untuk 12 komputer client atau lebih. Apabila jumlah komputer client anda mencapai 15 client atau lebih bisa dipastikan bahkan anda akan mengalami kesulitan untuk ” hanya ” membuka situs google.com
Usaha Warnet sebagai penyedia jasa internet tentu saja membutuhkan kualitas layanan internet yang prima. suatu keharusan bagi warnet untuk bisa memberikan akses internet cepat bagi pelanggannya. karena dengan akses internet yang lambat tentu berdampak buruk bagi kelangsungan usaha warnet itu sendiri.
Solusi untuk masalah diatas adalah kita bisa menambah quota paket internet kita / upgrade ke paket internet yang lebih besar bila dirasakan koneksi internet kita tidak cukup melayani seluruh komputer yang kita miliki.
Dengan melakukan penambahan paket, masalah akses internet kita bisa teratasi, tapi akan muncul masalah baru yaitu biaya operasional yang membengkak. Hal ini tentu mengakibatkan masalah dalam segi pendapatan warnet. besarnya beban yang harus dikeluarkan perbulan tentu berdampak buruk bagi kelangsungan usaha tersebut.
Oleh karena itu Penulis memberikan solusi bagi hal diatas. yaitu dengan menggunakan Web cache proxy server untuk warnet. Penulis telah mengimplementasikan server ini di warnet dengan 20 unit client yang melayani game online + browsing dengan paket speedy 512 Kbps ( paket warnet ).

Web cache proxy server ini memliki perbedaan dengan mikrotik, server ini memiliki fungsi utama cache ( menyimpan ) data/konten suatu situs dan menempatkannya dalam media penyimpanan dan digunakan untuk melayani permintaan data/konten suatu situs oleh komputer client.
Sebagai contoh berapa kali anda mengakses situs facebook dalam satu hari. berapa kali pelanggan warnet anda mengakses situs facebook dalam satu hari. dan hal ini terjadi berulang-ulang dalam satu hari anda mengakses situs facebook.com dan melakukan proses up serta download data yang sama setiap saat setiap hari dan setiap bulan. Bisa anda bayangkan berapa besar quota yang terpakai hanya untuk membuka situs facebook.com dikomputer client anda.
Bila anda menggunakan fungsi cache web maka server akan menyimpan data/konten suatu situs seperti facebook.com dan digunakan untuk melayani request data/konten situs oleh semua komputer client. sehingga client tidak harus mengdowload data yang sama dan hanya akan mendowload update dari situs tersebut.
Hal ini tentu menghemat koneksi internet anda dimana akses internet menjadi lebih cepat dan dapat mencegah terjadinya RTO serta ping yang ” mengila ” yang disebabkan koneksi mengalami overload akibat over request data dari semua komputer client.
* Ping adalah perintah untuk mengukur/melihat kecepatan up dan down data kesuatu   target baik dalam lingkungan LAN maupun internet dengan mengetikan perintah ping http://www.google.com -t- dalam run. time normal yang dibutuhkan melakukan ping ke situs google.com dalam paket speedy 512 Kbps adalah 70-80 ms ( ms semakin kecil semakin cepat koneksi internet anda ) dan tanpa RTO ( request time out / putus-putus ). Bila ping anda besar dan terputus-putus bisa dipastikan koneksi internet anda bermasalah.
( * Hasil ping tiap daerah bisa berbeda-beda tergantung dari kemampuan jaringan diwilayah tersebut.  Telkom red * )
perintah ping

contoh ping ke google

Fungsi lain dari proxy server adalah bloking situs, bandwith manajemen serta dapat dilengkapi fungsi lain yang diperlukan dalam suatu jaringan.
Sebagai contoh warnet penulis melayani game online, selain melayani game penulis menginginkan agar komputer dapat digunakan untuk browsing sehingga pelangan dapat melakukan kegiatan browsing,membuka facebook,melakukan registrasi ID game dan lain-lain serta diharapkan aktifitas browsing tidak menganggu jalannya koneksi game-online sehingga seting server adalah terdapat pembagian dua koneksi internet dimana koneksi browsing dibatasi, pembatasan download serta bloking situs tertentu dan lain-lain sehingga tidak menganggu kenyamanan bermain game-online dengan paket speedy 512 Kbps melayani 20 client game-online+browsing lancar tanpa lag .
seting mozila menggunakan proxy

Contoh traffic data server

Fungsi bloking situs

Demikianlah sekilas tentang web proxy server, untuk pembahasan tentang instalasi dan lain-lain akan saya ulas dilain kesempatan.
Semoga pembahasan ini bisa membantu teman-teman pengusaha warnet yang mengalami permasalahan seputar usaha warnet di wilayah bangka belitung dan dimanapun anda berada.
terimakasih.


sumber  : https://bangkanet.wordpress.com