Cara Konversi Gambar ke Teks dengan 5 Software OCR

Bayangkan bila anda mendapatkan beberapa lembar surat hasil printer dari perusahaan lain, dan anda harus merubah atau memperbaiki/mengedit surat tersebut, bila 1 sampai 2 lembar tidak masalah untuk mengetik ulang, tetapi bila sampai 50 lembar yang harus anda edit, apakah tidak memakan waktu?

Perkembangan teknologi modern yang semakin maju dapat mengambil gambar dari scan (atau mengambil snap menggunakan kamera ponsel / Digicam) dan presto – perangkat lunak OCR akan mengekstrak semua informasi dari gambar kemudian akan merubahnya ke dalam format teks yang dapat diedit dengan mudah.

Pengenalan karakter optik (OCR) adalah sebuah sistem konversi scan file gambar tulisan tangan ke dalam mesin dengan format teks yang dapat dibaca. perangkat lunak OCR bekerja dengan menganalisis dokumen dan membandingkannya dengan font yang disimpan dalam database dan / atau dengan mencatat fitur khas untuk karakter. Beberapa perangkat lunak OCR juga dapat memeriksa ejaan untuk “menebak” kata-kata tidak dikenal. Akurasi 100% sulit dicapai, tapi melakukan pendekatan sampai 90%.

Dibawah ini akan di paparkan 5 cara melakukan konversi dari gambar teks ke file teks yang dapat di edit, antara lain :
1. OCR dengan menggunakan Microsoft OneNote 2007
Untuk OCR yang dasar, karakter optik MS OneNote merupakan fitur penghemat waktu sebuah pengakuan. disebut Salin Teks dari Gambar.
  • Masukkan hasil scan atau gambar yang disimpan di hardisk ke OneNote. Anda juga dapat menggunakan OneNote untuk mengambil klip bagian dari layar atau gambar ke OneNote.
  • Klik kanan pada gambar yang dimasukkan dan pilih Salin Teks dari Gambar. Teks disalin optikal diterjemahkan kemudian masuk ke clipboard dan sekarang Anda dapat menyisipkannya ke dalam setiap program seperti Word atau Notepad untuk di edit.
OneNote adalah kesederhanaan dipersonifikasikan. Jadi tidak terlalu baik untuk karakter tulisan tangan atau bahkan yang Unik. Tapi pekerjaannya cepat,
2. OCR Dengan Menggunakan Microsoft Office Document Imaging
Alat lain yang digunakan termasuk dari bagian Microsoft Office. Anda dapat menemukannya dengan mengklik Start=>All Program=>Microsoft Office=>Microsoft Office Tools=>Microsoft Office Document Imaging

Melakukan OCR menggunakan alat imaging dokumen adalah sedikit terbatas karena hanya menerima format file TIFF (atau MDI). Tapi itu tidak terlalu mengganggu sebagai aplikasi grafis dapat digunakan untuk mengkonversi gambar ke TIFF. Anda dapat menggunakan software Adobe Photo Shop untuk mengkonversi file jpg ke dalam file Tiff atau program menggunakan MS Paint.
  • Buka Microsoft Office Document Imaging kemudian klik- File – Open untuk mengambil file Tiff.
  • Klik ikon mata kecil – Recognize Text Using OCR.
  • Klik Icon MS Word – Send Text to Word.
  • Sebuah File MS Word terbuka dengan teks dikonversi dapat diedit.
  • Atau, Anda juga dapat menggunakan MS Paint untuk memilih wilayah tertentu dan salin ke clipboard. Buka MS Office Document Imaging – select Page – Tempel Halaman untuk menyalin pilihan dari OCR.
3. OCR Sederhana
Kesulitan yang sering dialami dengan pengenalan tulisan tangan bila menggunakan Microsoft Office, anda dapat menggunkan solusi dengan menggunakan SimpleOCR. Tapi perangkat lunak ini menawarkan pengenalan tulisan tangan hanya percobaan gratis selama 14 hari.
  • Perangkat lunak ini dapat diatur untuk membaca langsung dari scanner atau dengan menambahkan halaman (jpg, tiff, format bmp).
  • SimpleOCR menawarkan beberapa kontrol atas konversi melalui seleksi teks, gambar dan teks mengabaikan pilihan fitur.
  • Konversi ke teks diperlukan proses ke tahapan validasi, pengguna dapat benar perbedaan dalam teks dikonversi menggunakan mantra built-in-checker.
  • File dikonversi dapat disimpan ke format doc atau txt.
SimpleOCR mudah saja untuk teks biasa, tapi dapat juga menangani tata letak multi-kolom comedown seorang. Akurasi konversi alat SimpleOCR jauh lebih baik daripada Microsoft.
Silahkan coba selama 14 hari SimpleOCR (v3.1) 9MB dan kompatibel dengan Semua Windows.
4. TopOCR
TopOCR, software yang memisahkan diri dari perangkat lunak OCR khas, dirancang khusus untuk kamera digital (setidaknya 3MP) dan ponsel bersama dengan scanner. Seperti SimpleOCR, ia memiliki dua jendela antarmuka – Image sumber jendela dan jendela Teks.
Gambar bersumber dari kamera atau pemindai di jendela kiri akan dikonversi ke format teks dalam editor teks di sebelah kanan. Fungsi editor teks seperti WordPad dan dapat menggunakan Teks Microsoft untuk Text to Speech.
  • Perangkat lunak ini mendukung JPEG, TIFF, GIF, dan format BMP.
  • Pengaturan Gambar seperti kecerahan, warna, kontras, despeckle, pertajam dll dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembacaan pada gambar.
  • pengaturan Kamera penyaring juga dapat dikonfigurasi untuk meningkatkan citra.
  • File dikonversi dapat disimpan dalam berbagai format – PDF, RTF, HTML dan TXT.
  • TopOCR berfungsi dengan baik dengan teks berorientasi lurus tetapi gagal biasa dari OCR dengan teks berbentuk kolom tetap.
  • Perangkat lunak walaupun, mem-parsing sebuah halaman campuran (teks plus grafis) dengan baik dan proses teks saja.
  • Perangkat lunak ini bekerja dengan 11 bahasa.
Untuk hasil terbaik untuk pembacaan dari kamera Anda ada dapat melihat website Bagaimana Mendapatkan Hasil Terbaik pada halaman TopOCR
Download TopOCR (v3.1) 8MB dan kompatibel dengan Windows (Belum diuji pada Vista).
5. FreeOCR
Software OCR ini gratis, menggunakan mesin tesseract OCR. OCR tesseract kode dikembangkan di HP Labs antara tahun 1985 dan 1995 dan saat ini dengan Google. Hal ini dianggap sebagai salah satu mesin yang paling akurat OCR open source yang tersedia.
FreeOCR adalah antarmuka Windows yang sederhana untuk kode yang mendasari.
  • Mendukung file gambar dan file TIFF dengan multi-halaman.
  • Dapat menangani format PDF dan juga kompatibel dengan perangkat TWAIN seperti scanner.
  • FreeOCR juga memiliki antarmuka jendela ganda akrab dan mudah untuk memahami pengaturan.
  • Sebelum memulai proses konversi satu klik, Anda dapat menyesuaikan kontras gambar yang lebih baik untuk dibaca.
Download FreeOCR (v.2.03) memerlukan Microsoft Net 2.0 framework. kompatibel Windows XP / Vista Ukuran file 156 Kb  juga dapat di-download dari situs alternatif ini.
Setelah anda mendownload file freeocr, klik file tersebut untuk menginstall, pastikan anda terhubung dengan Internet karena installasi langsung dari provider file tersebut melalui Internet.

sumber : http://dunovteck.wordpress.com/2010/08/04/5-top-ocr-software-untuk-mengkonversi-gambar-ke-teks/


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01.44.00

0 komentar:

Posting Komentar

MERAUP DOLLAR

Download

KATEGORI

ANDROID (6) Cara untuk ngeBLOG (28) DOWNLOAD (10) EDUKASI (19) Email (2) FACEBOOK (10) FLASH (8) FOTO (3) GAME (3) INTERNET (13) NGEBLOG (5) OFFICE (18) OPERATOR (3) PHOTOSHOP (6) PRINTER (1) SEO (1) SOFTWARE (7) VIRUS (3) WINDOWS (7) YOUTUBE (5)