Tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana konsep Drag and Drop diterapkan dalam permainan edukasi.
1. Buka file flash baru (ActionScript 3.0 File).
2. Buat sebuah teks bertipe “static text” dengan nama “Komputer”.
3. Ubah teks tersebut menjadi movieclip dengan cara klik kanan pada teks > pilih Convert to Symbol.
4. Buka panel properties. Pada kolom instance name beri nama “target”.
5. Sekarang, import gambar komputer ke dalam stage yang nantinya akan digunakan sebagai objek drag and drop.
6. Konversi gambar tersebut menjadi movieclip. lalu beri instance name dengan nama “drag_mc”.
7. Buka panel action, lalu ketikn script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
| stop(); var xawal,yawal: int ; drag_mc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, startDragObjek); stage.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, stopDragObjek); xawal=drag_mc.x; yawal=drag_mc.y; function startDragObjek(event:MouseEvent) { event.target.startDrag(); } function stopDragObjek(event:MouseEvent) { event.target.stopDrag(); cekTumbukan(); } function cekTumbukan() { if (drag_mc.hitTestObject(target)) { gotoAndStop( 2 ); } else { drag_mc.x=xawal; drag_mc.y=yawal; } } |
Hasilnya seperti berikut:
8. Gimana? udah paham dengan konsep Drag And Drop? tutorial berikutnya akan menjelaskan konsep drag and drop dengan objek yang lebih kompleks.