Cara Membuat Matching Game (Permainan Mencocokkan) Menggunakan Powerpoint

Ada banyak cara membuat game atau permainan menggunakan powerpoint. Salah satunya adalah permainan mencocokkan atau dalam bahasa Inggris disebut matching game. Dari sekian banyak cara membuat matching game menggunakan powerpoint yang Paman temukan di internet, ternyata hampir semuanya tidak sesuai dengan harapan. Umumnya tutorial yang dibuat mirip dengan membuat soal pilihan ganda dengan satu pertanyaan dan mencocokkan dengan tiga pilihan yang ada. Karena itu, Paman ingin sekali berbagi cara yang baru Paman temukan untuk membuat permainan mencocokkan dengan powerpoint. Meskipun terlihat sederhana, matching game dengan powerpoint ini cukup efektif untuk me-review pelajaran. Sudah tidak sabar? Mari kita mulai dengan langkah pertama!
Pertama, buka software powerpoint pada komputer. Setelah itu klik menu 'Design' kemudian klik 'Background Styles' dan pilihlah tipe latar belakang yang diinginkan. Lalu, buatlah teks dengan bantuan text box atau tambahkan gambar yang akan kita cocokkan seperti bisa dilihat pada gambar berikut.


Berikutnya, setelah kita selesai membuat teks atau menambahkan gambar sejumlah yang kita inginkan, buatlah kotak dengan cara klik menu 'Insert' lalu klik 'Shapes' dan pilihlah bentuk yang diinginkan. Kemudian, klik pada bentuk yang kita buat tadi sampai muncul menu 'Format'. Klik menu 'Format' lalu klik icon text box untuk menambahkan angka di dalam kotak. Kita juga bisa mengubah tampilan warna kotak dengan 'Shape Fill'. Letakkan kotak yang kita buat tadi tepat di atas gambar atau kata yang kita buat sebelumnya. Selanjutnya, copy dan paste kotak tadi sejumlah kata atau gambar yang kita buat lalu beri angka dan letakkan tepat menutupi gambar atau kata tersebut.


Langkah selanjutnya, klik salah satu kotak yang kita buat tadi dan klik menu 'Animation' lalu klik 'Custom Animation' sehingga akan muncul panel animasi di sebelah kanan layar. Klik tombol 'Add Effect' lalu pilih 'Exit' dan pilih 'Wipe'. Jika pilihan 'Wipe' tidak muncul, pilihlah 'More Effects..' lalu pilih 'Wipe'. Langkah ini akan membuat animasi kotak tersebut hilang dengan cara menyapu.


Setelah itu, edit animasi dengan mengubah pilihan 'Direction' menjadi 'From Left' dari panel animasi supaya arah sapuan bergerak dari kiri ke kanan. Kemudian klik tanda panah pada item animasi yang sedang kita edit sampai muncul pilihan lalu klik 'Timing' sehingga muncul taskbar.


Langkah berikutnya klik 'Triggers' lalu pilih 'Start effect on click of' sampai muncul pilihan-pilihan lalu pilihlah kotak yang sedang kita beri animasi, dalam hal ini kotak yang memiliki angka 1. Langkah ini akan membuat kotak akan hilang dengan cara menyapu JIKA kita meng-klik kotak tersebut.


Langkah berikutnya, masih dengan kotak yang sama dengan langkah sebelumnya, tapi kali ini kita tambahkan efek animasi baru. Caranya, klik tombol 'Add Effect' lalu pilih 'Entrance' dan pilih 'Wipe'. Jika pilihan 'Wipe' tidak muncul, pilihlah 'More Effects..' lalu pilih 'Wipe'. Langkah ini akan membuat animasi kotak tersebut muncul dengan cara menyapu.

Setelah itu, edit animasi dengan mengubah pilihan 'Direction' menjadi 'From Right' dari panel animasi supaya arah sapuan bergerak dari kanan ke kiri. Kemudian klik tanda panah pada item animasi yang sedang kita edit sampai muncul pilihan lalu klik 'Timing' sehingga muncul taskbar.

Langkah berikutnya klik 'Triggers' lalu pilih 'Start effect on click of' sampai muncul pilihan-pilihan lalu pilihlah text box atau gambar yang berada di balik kotak tersebut. Langkah ini akan membuat kotak akan muncuk dengan cara menyapu JIKA kita meng-klik kata atau gambar yang berada di balik kotak itu.


Berikutnya, lakukan hal yang sama untuk kotak-kotak yang lain. Cara memainkan game ini sangat mudah. Klik kotak yang diinginkan, misalnya kotak nomor 1. Setelah itu, kotak akan terbuka dan gambar atau teks yang ada di balik kotak itu akan terlihat. Kemudian cari pasangan yang sesuai dengan cara klik kotak yang lain, misalnya kotak nomor 3. Jika jawabannya benar, maka lanjutkan mencari pasangan yang lain. Jika jawabannya salah, klik gambar atau tulisan yang sudah terbuka tadi sampai kotaknya tertutup kembali. Lalu mulai lagi mencari pasangan yang lain.

Selamat membuat, selamat bermain, selamat belajar!
sumber
http://paman-guru.blogspot.co.id/2014/01/cara-membuat-matching-game-permainan.html


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.18.00

3 komentar:

MERAUP DOLLAR

Download

KATEGORI

ANDROID (6) Cara untuk ngeBLOG (28) DOWNLOAD (10) EDUKASI (19) Email (2) FACEBOOK (10) FLASH (8) FOTO (3) GAME (3) INTERNET (13) NGEBLOG (5) OFFICE (18) OPERATOR (3) PHOTOSHOP (6) PRINTER (1) SEO (1) SOFTWARE (7) VIRUS (3) WINDOWS (7) YOUTUBE (5)