Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodik 2018 Agar tidak Error

Dapodik siapa yang gak mengenalnya, setiap insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pasti sudah mengerti dan tidak terlepas dari aplikasi besutan kemdikbud yang setiap tahunnya ada saja perubahan dan pembaharuan. Baik bersifat Installer maupun bersifat Updater (Patch) yang secara berkala konsisten di diperbarui seiring dengan perbaikan atau penambahan menu baru pada aplikasinya. Dan perihal itu sudah pasti yang menjadi Salah satu pekerjaan rutin yang biasa dilakukan oleh Operator Dapodik, Yaitu Proses instal lagi Aplikasi dapodik.
Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodik Agar tidak Error
Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodik Agar tidak Error

Walaupun demikian dalam kenyataannya, selama ini masih banyak berasal dari rekan-rekan pendidik juga Operator dapodik yang masih belum sadar serta memahami bahaimana mengenai langkah-langkah Instal Ulang aplikasi dapodik yang baik dan benar? Hal berikut terbukti disaat aplikasi DAPODIK sudah terinstal bermunculan berbagai permasalahan-permasalahanyang nantinya akan menghambat kinerja OPS misalnya ada beberapa kasus ternyata aplikasinya tidak bisa terbuka atau tidak bisa di akses.

Berikut Langkah-langkah langkah instal lagi Aplikasi Dapodik yang baik dan benar sehingga nanti jauh dari istilah error

1. Terlebih dahulu Kita wajib mengUninstall Aplikasi Dapodik yang lama Sebelum menginstal ke Aplikasi Dapodik yang baru. Caranya Klik  Start - Control Panel - Program - Uninstall a Program

2. Cari dan Pilih Aplikasi Dapodik sesudah itu Klik Uninstall dan ikuti langkah langkah yang ada pada aplikasi sampai dengan selesai

3. sehabis selesai melaksanakan Proses di atas, sesudah itu matikan dan hidupkan lagi (Restart) PC/Laptop.

4. Di Point ke 4 ini sesuai dengan judul postingan yaitu Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodik Agar tidak Error. maka Setelah memunculkan Ulang PC/Laptop, kami bersihkan terutama dahulu sampah-sampah dan juga file history berasal dari sistem operasi dan berasal dari aplikasi di didalam PC/Laptop kami sehingga nantinya dalam Aplikasi Dapodik yang nantinya akan di intsal tidak mengalami kendala yang cukup signifikan. Juga jangan lupa instal adobe falsh player terbaru.

5. Setelah itu tinggal menginstal installer Aplikasi Dapodik yang terbaru. jangan lupa klik kanan - Run As Administrator dikala memulai sistem instalasinya.

6. Ikuti Proses instal Aplikasi Dapodik Sampai selesai

Beberapa temuan yang berhubungan dengan errornya dan ketidk berhasilan penginstalan adalah tidak munculnya beberapa menu seperti EKSTRAKURIKULER dan JADWAL PELAJARAN, jangan kuatir karena ada sedikit solusinya yaitu dengan cara mengclear history yang ada dalam browser

 Sanitasi Sekolah meupakan satu indikator didalam Sustainable Development Goals atau bisa disebut denganTujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pemantauan perkembangan indikator sanitasi sekolah lewat dapodik.

Untuk itu Pada Aplikasi Dapodik 2018 Menu Sanitasi merupakan  menu mesti yang mesti diisi dan wajib oleh Operator Sekolah. Tapi, Tahukah rekan-rekan bagaiman cara mengisi menu Sanitasi yang benar? benar didalam artian udah cocok dengan kondisi di Lingkungan sekolahnya?

Ada beberapa hal yang jadi pertanyaan mengenai dengan sanitasi daintaranya adalah Jamban khusus siswa (laki-laki) adalah jumlah unit jamban yang hanya diperuntukkan ntuk siswa (laki-laki) yang terpisah dengan jamban perempuan.
Jamban khusus siswi (perempuan) adalah jumlah unit jamban yang hanya diperuntukkan untuk siswi (perempuan) yang terpisah dengan jamban laki-laki.
Jamban dengan adalah jumlah unit jamban  yang tidak terpisah dan mampu digunakan baik untuk siswi (perempuan) maupun laki-laki.  Tidak mampu digunakan adalah jamban yang tidak berguna dan tidak mampu digunakan. Jamban tidak digunakan mampu disebabkan karena beragam faktor, kalau rusak, tidak dapat dikunci, tidak tersedia air, bau/kotor, becek atau lokasinya jauh dari sekolah

Semoga bermnafaat