Cara Mengatasi Masalah Error 404 – Not Found di Wordpress

Halaman Error 404- Not Found ini biasanya muncul karena kesalahan permalink. Lah itu dia yang membuat saya terkejut. Karena perasaan saya tidak pernah merubah permalink blog saya ini. Dari awal saya memang sudah memodifikasi permalink untuk optimalisasi SEO dengan merubah permalink menjadi : /%category%/%postname% .
Saya berpikir apa yang menyebabkan ya? Kemudian saya mencoba mengupgrade wordpress dari seri 2.9 ke seri yang lebih baru. Setelah selesai upgrade wordpress, saya mencoba lagi membuka halaman posting. Dan hasilnya ….. ternyata saya masih menemukan  Error 404- Not Found.
Langkah selanjutnya saya mencoba melihat file .htaccess, kode yang tertulis adalah sebagai berikut:

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
Perasaan saya tidak pernah merubah kode ini jadi seharusnya dari dulu juga seperti diatas. Iseng-iseng saya rubah sekalian permalinknya menjadi  /%category%/%postname%ada tambahan ” / ” di belakang permalink. dan kode .htaccess yang disarankan wordpress yang muncul di bawah setingan permalink adalah:

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
Dan ternyata setelah kode .htaccess yang baru saya gunakan, masalah tentang  Error 404- Not Found ini  sudah tidak muncul lagi. Berarti masalah sudah selesai.
Itulah cerita mengenai error 404 , permalink dan .htaccess, semoga bisa menjadi inspirasi buat sobat blogger. Pelajaran yang bisa diambil dari masalah ini adalah, masalah dan trouble pada blog kita bisa terjadi kapan saja, sehingga jangan lupa untuk memback up blog secara periodik.
wassalam,