Cara Buat VCD dari Youtube

Berawal dari keinginan salah seorang pengunjung setia warnet saya,ingin mengumpulkan video-video tentang cara belajar olahraga tenis dan bola basket dan kemudian dapat diputar di vcd player. Oh ya bisa pak.. saya teringat adanya Youtube yang dulu sempat diblokir pemerintah kita. Sudah saya kumpulkan video-video dari youtube yang ternyata banyak sekali, saya download melalui software Moyea FLV Downloader. Untuk mendapatkan softwarenya silahkan klik disini


Link 1
Link 2

Di dalam software tadi terdapat juga Moyea FLV Video Converter, FLV Downloader dan FLV Player. Untuk mendownload file youtube caranya sederhana, tinggal kita copykan url videonya, terus kita paste khan di software tadi.Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut ini :


copykan url ini yang didapat dari Youtube. Url dapat dilihat di bagian More Info website Youtube.

Jalankan Moyea FLV Downloader, kemudian masukan url yang tadi telah dicopy, klik add seperti pada gambar di bawah ini :


Setelah selesai mendownload file-file berbentuk .flv tersebut, saya sempet bingung, soalnya file-file yang telah saya download bentuknya seperti klip atau cuplikan yang durasinya pendek-pendek. Yang artinya untuk memutar secara berkelanjutan, maka file-file tersebut harus digabungkan terlebih dahulu. Setelah digabungkan baru nanti di burning ke bentuk vcd melalui Nero. Berikut ini langkah-langkah yang saya jalankan :
1. Rubah dulu semua file yang berbentuk .flv ke bentuk .mpg menggunakan Moyea FLV to Video Converter. Langkahnya sebagai berikut :




untuk setingan format file, pilih format file yang diinginkan misal MPEG1 (.mpg) kemudian pilih resolusi/ukuran layar, misal saya pakai ukuran 320x240,ukuran layar disamakan, supaya dalam proses penggabungan (join) file-file mpg berhasil.

2.Setelah semua file flv berubah menjadi file .mpg, langkah selanjutnya adalah menggabungkan beberapa file mpg menjadi satu file. Untuk menggabungkannya kita memerlukan software,yang saya pakai yaitu AVI/MPEG/RM/WMV Joiner v4.81 buatan Boilsoft. Untuk mendownloadnya klik disini
Link 1
Link 2

Untuk menggunakannya lihat gambar di bawah ini :



Setelah semua file mpg digabungkan, maka akan muncul 1 file mpg yang merupakan hasil dari penggabungan beberapa fie mpg.
Setelah itu kita tinggal masuk ke Nero, masuk ke burning vcd,nanti ada proses encode terlebih dahulu. Lamanya encode tergantung dari spek komputer kita dan besarnya file yang diencode. Seperti terlihat pada gambar berikut :




Ok selamat mencoba, semoga tutorial ini dapat sedikit menambah ilmu. 


sumber

0 komentar:

Post terkait

Post terkait